Aturan Tamu Wajib Lapor 1×24 Jam Wajib Ditegakkan

Kuala Kurun, Media Dayak

       Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gunung Mas (Gumas) Koswara mengimbau semua Camat, Kades, Lurah, RT/RW di Gumas untuk menggalakkan aturan ‘tamu wajib lapor 1 x 24 jam’ di lingkungannya masing-masing.

“Paska penangkapan 10 orang yang diduga teroris oleh anggota Polres Gunung Mas di Losmen Triasari komplek pasar di Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah pada Senin (10/6) sore, setiap Camat, Kades, Lurah, RT/RW wajib mengetahui dan memantau setiap tamu yang baru datang ataupun pendatang baru. Dan setiap tamu ataupun pendatang baru wajib hukumnya melaporkan dirinya ke RT/RW, Kades dan Lurah setempat,” ujar Koswara, Kamis (13/6).

Dengan digalakkannya aturan tamu wajib lapor 1 x 24 jam, Jaksa asal Sumatera Barat itu memastikan setiap tamu ataupun pendatang baru dapat diketahui keberadaannya dan tujuan kedatangannya.

“Jangan lupa juga, RT/RW, Kades dan Lurah harus minta KTP mereka. Ini dimaksudkan untuk menghindari tamu ataupun pendatang baru yang niatnya tidak baik bahkan pelaku kriminal yang melarikan diri. Kita semua sepakat, Gunung Mas yang aman dan kondusif ini tidak boleh jadi tempat pelarian orang orang yang ingin membuat kerusuhan,” tegas Koswara.

Pemilik wisma, losmen, tempat kost, dimintanya juga untu mendata tamu yang nginap, terutama mereka yang nginapnya cukup lama, dan melaporkan ke RT/RW, Kades dan Lurah  untuk menghindari hal-hal yang tidak baik.

“Kewaspadaan itu mutlak dimiliki masyarakat,” cetusnya.(Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close