APDESI Perkuat Sentral Jagung Barito Utara

APDESI KALTENG – Ketua APDESI Kalteng Ferly H Sangen (lima dari kiri) dan Ketua APDESI Barito Utara Akhmad Junaid (tiga dari kiri) beserta pengurus APDESI lainnya usai pertemuan dengan Bupati Barito Utara, akhir pekan lalu. (Media Dayak:ist)

Muara Teweh, Media Dayak

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengakui produksi jagung di Kabupaten Barito Utara (Barut) merupakan yang tertinggi di wilayah Kalateng.

Karena itu,APDESI Kalteng ikut berperan memperkuat swasembada jagung yang berhasil dilakukan Pemkab Barito Utara.

Hal tersebut diutarakan Ketua APDESI Kalteng, Ferly H Sangen usai bertemu Bupati Barito Utara, H Nadalsyah, akhir pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut, Ferly didampingi Ketua APDESI Barito Utara Akhmad Junaid dan pengurus lainnya.

“Kami men-support untuk pemasaran jagung hingga memasukan bibit, pupuk maupun obat-obatan,”ucap Ferly. Selebihnya, kata dia dalam waktu dekat pihaknya mengoperasikan pengering jagung bekerjasama dengan pabrik Java. Mesin ini dioperasikan bagi Desa Baturaya I dan Baturaya II serta desa sekitar.

“Kita tahu Barito Utara merupakan sentral jagung di Kalteng. Kami juga berencana menanam jagung dengan di lahan seluas 4.000 hektare,” ungkapnya diamini Junaid yang datang bersama Kades Baturaya I Sehat, Kades Kandui Pujian, Kades Sikui Saperani dan Kades Trinsing Heri Mansupardi.

Sementara itu, Bupati menyambut baik tekat APDESI memperkuat produksi jagung di Kabupaten Barito Utara. “Saya sangat mengapresiasi adanya program APDESI. Hal ini dapat membantu pemerintah  daerah untuk perluasan lahan jagung dengan target 53 ribu hektare,” tegasnya.

Bupati menyampaikan, Barito Utara memang dikenal luas sebagai salah satu kabupaten penghasil jagung Hybrida yang ada di Kalteng maupun Kalsel. Luas tanaman jagung sendiri seluas 16.150 hektare lebih.

Sedangkan untuk lokasi kegiatan penanaman jagung tersebar di enam kecamatan meliputi Kecamatan Teweh Tengah, Teweh Timur, Gunung Purei, Teweh Baru, Lahei dan Kecamatan Gunung Timang. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close