Anggaran Tanggap Darurat Pemprov Cukup

Fahrizal Fitri

Palangka Raya, Media Dayak

       Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng telah menyediakan anggaran tanggap daturat karhutla hingga Rp30 sampai Rp50 miliar. Tetapi, status tanggap darurat yang sudah berjalan lebih satu pekan ini ternyata belum menyentuh anggaran tersebut, lantaran sisa anggaran siaga darurat masih dapat terpakai bahkan belum habis.

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri menyebut, status siaga darurat karhutla, Pemprov Kalteng telah menganggarkan dana Rp20 miliar yang menjadi dana tak terduga. Pasalnya, anggaran tersebut masih belum terpakai bahkan hingga separonya, dan saat ini masih tersisa Rp13 miliar.

“Stok dana Pemprov yant Rp20 miliar itu masih ada, sisa Rp13 miliar,” sebutnya kepada media, Kamis (26/9).

Diungkapkan Sekda, pada dasarnya status tanggap darurat karhutla ini tidak terlalu signifikan dalam hal penggunaan anggaran. Untuk itu, anggaran yang ada saat ini dianggap sudah dapat digunakan dan mencukupi kebutuhan tanggap darurat karhutla.

“Jika memang anggaran tanggap darurat karhutla ini kurang maka secara langsung akan kami alihkan anggaran-anggaran yang bisa dirasionalkan untuk ke hal-hal yang berknaan dengan darurat ini, tapi untuk saat ini saya pikir tidak ada,” ungkapnya.

Melihat kondisi asap yang sudah membaik ini, harapannya Bulan Oktober permasalahan bencana sudah tuntas. Status tanggap darurat ini akan berakhir pada 30 September dan nantinya akan dilakukan evaluasi.

“Tanggap darurat karhutla ini kan berlaku dua minggu, dan 30 September nanti batas akhir. Nanti akan kami evaluasi bagaimana ketentuan status karhutla ke depannya,” ucapnya.

Sementara itu, berkenaan dengan statemen Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran beberapa waktu lalu, bahwa pihaknya akan memastikan bahwa petani yang gagal buka lahan tahun ini dan terjadi kelaparan maka Pemprov siap menangani.

“Jika ada masyarakat yang kekurangan pangan pada suatu wilayah maka harus lapor, mulai dari kepala daerah hingga bupati,” kata Fahrizal.

Saat ini sudah tersedia 100 ton beras yang ada di bulog, apabila terjadi bencana demikian maka langsung dikeluarkan.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close