Aliansi Mahasiswa Unjuk Rasa Tolak Sejumlah RUU

Ketua Sementara DPRD Provinsi Kalteng Duwel Rawing sedang menerima tuntutan Mahasiswa, Senin (30/9). (Media Dayak/Darmawanto)

Palangka Raya, Media Dayak

    Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Almamater Aliansi Mahasiswa,Masyarakat Tertindas,Senin (30/9)  mengadakan unjuk rasa menolak RUU KPK,RUU Pertanahan dan membahas ulang KRUHP serta menuntut pemerintah pusat untuk mengusut tuntas atas tewas dua (2) Mahasiswa pada saat unras di Sulteng beberapa waktu lalu.

Dalam orasinya Mahasiswa mengatakan bahwa Anggota DPRD yang di pilih selama ini tidak pernah meneruskan inspirasi mereka ke dalam rapat dewan, bahkan seolah-olah bahwa tuntutan dari Mahasiswa hanyalah sebatas disampaikan dan perlu di bahas.

Selain itu anggota DPRD yang di pilih seharusnya menyampaikan inspirasi masyarakat dan bukan hanya sekedar membuat Rancangan Undang-Undang yang tidak memihak kepada masyrakat, tandas mereka.

Unjuk rasa yang berlangsung di depan Gedung Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Tengah di jaga ketat oleh anggota Polres Palangka Raya dan di back up Polda Kalteng serta Yonif Raider 613/Atg yang di BKO kan, Senin (30/09).

Unjuk rasa Aliansi Mahasiswa berlangsung lancar tanpa adanya kontak fisik dengan aparat keamanan yang telah disiagakan, bahkan para Mahasiswa sepakat bahwa tuntutan mereka ditujukan kepada anggota DPRD.

Saat Mahasiswa sedang melancarkan orasinya, perwakilan dari anggota DPRD Provinsi Kalteng keluar dan menemui pengunjuk rasa serta berupaya untuk mengadakan dialog dengan para Mahasiswa yang sedang berunjuk rasa.

Anggota DPRD Provinsi saat berdialog, berjanji akan menyampaikan dan menyalurkan apa yang menjadi tuntutan Aliansi Mahasiswa saat sidang nanti.

Untuk saat ini anggota dewan belum dapat memenuhi tuntutan Mahasiswa dengan alasan bahwa mereka belum di lantik menjadi anggota dewan dan hanya mampu menerima tuntutan.

Mereka berjanji akan memenuhi apa yang menjadi tuntutan Mahasiswa setelah di lantik menjadi anggota DPRD dan menyampaikan kepada pimpinan DPRD untuk di bahas ke tingkat pusat.

Sementara itu Taruna Mardiansyah perwakilan unjuk rasa mengatakan bahwa mereka akan mengawal terus dan menagih janji anggota dewan seperti yang telah mereka janjikan terkait RUU ini. (Dmt/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close