Akerman: Pers Itu  Mitra Pemerintah

 Akerman Sahidar, Ketua DPRD Gumas.(Media Dayak/Ist)

Kuala Kurun,Media Dayak

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 yang digelar di halaman kantor pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2) pagi dengan tema ‘Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Sebagai Gerbang Ibukota Negara’ dan di hadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPRD Gunung Mas (Gumas), Akerman Sahidar, mengatakan pers memiliki peranan penting dalam pembangunan, utamanya pembangunan di Gumas.

“Pers itu mitra pemerintah, mitra kami (Legislatif), mitra Kepolisian, mitra eksekutif, mitra Yudikatif dan mitra masyarakat,” ujar Aker, Senin (10/2) di ruang kerjanya.

Sebagai pilar ke empat penegak Demokrasi, Aker berharap pers,khususnya pers di Gumas mampu mencerdaskan masyarakat Gumas melalui pemberitaan yang sesui dengan kaidah jurnalistik.

Ia menilai hubungan wartawan yang ada di Gumas dengan legislatif selama ini sudah sangat baik dan harmonis. Pemberitaan yang ditulis sudah memenuhi kaidah jurnalistik yang ada.

Aker mengakui tidak ada masalah dengan berita yang ditulis  wartawan yang bertugas di Gumas selama ini terkait kegiatan Dewan.

“Kami (DPRD) berterimakasih, karena melalui berita yang ditulis teman-teman wartawan,
masyarakat jadi tahu kegiatan yang kami lakukan dan kegiatan pembangunan di daerah ini,” ucap legislator dapil dua Kecamatan Rungan, Rungan Barat,Rungan Hulu,Manuhing dan Manuhing Raya tersebut.

Politikus PDI Perjuangan cukup berpengaruh itu pun minta semua element masyarakat menghormati wartawan.

“Teman-teman wartawan bertindak sebagai mata dan telinga publik yang melaporkan kegiatan dan peristiwa – peristiwa yang terjadi diluar pengetahuan masyarakat. Teman-teman wartawan menyuarakan apa yang jadi suara dan harapan masyarakat,” tukas Aker.

Legislator yang akrab dengan pewarta itu berharap kerjasama baik antara pers dengan DPRD dan Pemkab Gumas semakin meningkat dalam kebersamaan membangun Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri.(Nov/Lsn)