Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Telah Melakukan Tracing Komunitas Terhadap Pasien Positif Corona

Foto : Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kalteng yang dipimpin oleh Leonardo S Ampung saat gelar pers release di Media Center Covid-19 di Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (22/3) (Media Dayak/Humas Prov).
Palangka Raya, Media Dayak
Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, drg. Yayuk Indriaty mengungkapkan, pihaknya melakukan tracing (lacak, red) komunitas dan telah melakukan pemeriksaaan terhadap enam orang yang telah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19, yang sempat dipulangkan beberapa waktu lalu.
Ia mengatakan, hingga saat ini ada enam orang yang diduga telah melakukan kontak erat dengan pasien dan telah dilakukan pemeriksaan.
“Dari hasil pemeriksanaan tersebut, dua diantaranya digolongkan menjadi Pasien Dengan Pengawasan (PDP) dan sisanya digolongkan menjadi Orang Dalam Pengawasan (ODP),” terangnya saat gelar press release di media center covid-19 kantor Gubernur Kalteng, Minggu (22/3).
Jadi, lanjut Yayuk, ada dua orang teman yang bersangkutan (pasien, red)  yang diduga melakukan kontak erat.  Sekarang ini, kami masih melakukan tracing komunitas untuk mencari jejak kontak lainnya.
Yayuk Indriaty mengatakan bahwa Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Kalteng berusaha memutuskan transimisi penyebaran virus korona di provinsi ini. 
“Cara memutuskan transimisi sangat mudah, yakni masyarakat yang merasa pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19 untuk memeriksakan diri di rumah sakit,” paparnya,”
Ia mengatakan, karena harus ada pemeriksaan dan isolasi, yang tujuannya supaya transmisinya bisa diputus. “Jadi, masyarakat yang merasa pernah melakukan kontak dengan orang yang punya gejala Covid-19 harus memeriksakan diri. Bahkan yang ada gejala sakit pun harus periksa kesehatan,” tegasnya.(Media Dayak/Humas Pemprov)
image_print
Menampilkan lebih banyak
Close