17 Puskesmas di Gumas Sudah Terakreditasi

dr Maria Efianti,Kadis Kesehatan Gumas.(Foto/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun,Media Dayak

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dr Maria Efianti mengatakan 17 Puskesmas di Gumas sudah terakreditasi.

“Sebelumnya 15 (Puskesmas) yang sudah (terakreditasi), dan 2 lainnya yakni Puskesmas Tumbang Lapan Kecamatan Rungan Hulu dan Puskesmas Tumbang Mahuroi Kecamatan Damang Batu masih belum.Dengan kedatangan tim surveyor akreditasi Puskesmas beberapa waktu, ke 2 Puskesmas itu pun saat ini sudah terakreditasi,” jelas Maria,Senin(6/1).

Menurut Maria,konsep akrediatasi Puskesmas merupakan upaya untuk menjamin mutu, bahwa pelayanan yang diberikan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP) sudah sesuai standar.

“Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan dan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen resiko,” ulasnya.

Lanjut mantan Direktur BLUD RSUD Kurun itu,manfaat akreditasi puskesmas antara lain meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, konsistensi dalam bekerja dan menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas.

“Untuk masyarakat, manfaat akreditasi puskesmas adalah masyarakat mendapatkan jaminan kualitas melalui pelayanan yang baik oleh tenaga kesehatan di Puskesmas,” pungkas Maria.(Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close